Jumat, 07 Juli 2017

Gejala Penyakit Jantung dan Jenis-Jenis Penyakit Jantung

Penyakit jantung pada dasarnya disebabkan karena sel-sel jantung yang mati dan mengakibatkan pasokan darah ke jantung terhenti atau bisa juga disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia yang menduduki peringkat pertama bersama penyakit stroke. Sekitar 35% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung.

Berdasarkan ungkapan dr. Jetty Sedyawan, Sp.JP (K), dari Yayasan jantung Indonesia di Jakarta, wanita juga memiliki risiko terkena penyakit jantung yang hampir sama dengan pria. Pada wanita biasanya merasa sangat lelah, lemas, dan juga sakit. Menurut Federasi Jantung Dunia, angka kematian akibat penyakit jantung koroner di Asia Tenggara mencapai 1,8 juta kasus pada tahun 2014.

Secara umum ciri-ciri penyakit jantung memiliki gejala awal seperti berikut ini:


Nyeri pada dada. 

gejala penyakit jantung

Ini dikarenakan otot dan jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen dan darah yang cukup dan membuat jantung tersebut menjadi nyeri. Rasa nyeri bisa seperti terbaka, di tusuk tusuk atau rasa nyeri luar biasa lainnya

Sering berkeringat.


Padahal Anda tidak sedang melakukan kegiatan. Pada umumnya area telapak tangan yang sering mengeluarkan keringat. Atau jika telapak tangan di tempelkan di lantai mudah sekali berkeringat.

Merasa lelah berlebihan.


Merasa lelah juga bisa menjadi indikasi awal dari penyakit jantung. Padahal sebelumnya Anda tidak melakukan aktivitas fisik yang berat apapun. 

Sesak nafas.


Kontraksi otot jantung yang tidak normal bisa berdampak ke paru-paru sehingga akan menyebabkan sesak nafas.

Denyut jantung tidak teratur.


Jantung yang berdebar kencang tanpa sebab rasanya seperti habis melakukan lari juga bisa disebabkan karena gejala awal penyakit jantung. Jika tiba tiba jantung berdebar tanpa sebab yang jelas, mungkin itulah geala awal penyakit jantung.

Sakit kepala.


Sakit kepala pada gejala awal penyakit jantung bisanya sangat menyakitkan ini terjadi karena aliran darah ke otak terganggu dan tidak normal. Sakitnya mirip dengan sakit kepala biasa,namun biasanya lebih sakit dan lebih sering.

Nafsu makan menurun.


Salah satu indikasi dari penyakit jantung adalah penderitanya memiliki nafsu makan yang menurun drastis dan biasanya juga disertai mual dan muntah-muntah. Bahkan sebagian penderita ada yang muntah saat mencium aroma makanan.

Bagian tubuh membengkak.


Pembengkakan terjadi ketika cairan menumpuk di dalam tubuh. 
Umumnya terjadi pada bagian pergelangan kaki dan perut. Gejala ini merupakan tanda bahwa jantung sedang mengalami kecacatan serta adanya kelainan pada katup jantung. Ada juga yang menyebut dengan istilah gagal jantung.

Sakit dibagian tubuh,


Ini disebabkan oleh aliran darah yang tersumbat kebagian tubuh tersebut dan mengakibatkan sakit. Kadang sakit pada telapakan kaki atau bagian tubuh lainnya. Sakit seperti habis beraktifitas kerja berat padahal and tidak habis bekerja.

Merasa cemas dan tegang yang berlebihan.

Untuk itu hidari kebisingan seperti petasan, atau apapun yang bisa menyebabkan kaget dan kecemasan. Memang ini agak sulit karena penyebabnya biasanya orang lain,kadang keluarga sendiri.

Jadi kenalilah gejala penyakit jantung sejak dini seperti tanda tanda penyakit jantung yang baru saja anda baca. Agar anda terhindar dari penyakit jantung stadium lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar